I DID IT.

Standard

I did it.

I went and stayed in a country that I didn’t know anything about, not even the language. I challenged myself in a very dangerous way, but I did it. In one month, I learned the language, well at least I tried, and I went around, travel, make friends, learn about the most precious things in life, and did stuff that I’ve never thought I’d do, ever.

I knew the country because I met some people from that place, they came to the university and learned English. I met them and make friends, not knowing that someday I actually go there and fell in love with something that I’ve never imagined before. It may sound cheesy, but it was a life turning experience for me.

Gue datang bener-bener gatau Bahasa spanyol, gue Cuma tau cara bilang halo sama apa kabar doang. Minggu pertama memang berat banget, secara gue harus belajar gila-gilaan dan gue harus bisa lulus stage itu biar bisa lanjut ke stage lain. Host family gue bener-bener hangat dan sangat sangat baik. Rumahnya udah kayak rumah gue sendiri.

Belum lagi the best part itu adalah temen gue dan keluarganya. I stayed there for a couple of days, and they made me feel like I’m part of their family, dan itu sesuat yang gede bangettt disana. Secara keluarga itu sesuatu yang sangat mereka treasure. Apa-apa demi keluarga, demi anak. Gak ada bedanya ama Indo kayaknya, cuma yah beberapa jantan disana agak lebih gak bener aja. Asal main cewek, asal punya anak sana-sini padahal dirumah udah punya bini ama anak. Kita jalan ke tempat-tempat yang gue pengen dank e tempat-tempat yang gue tadinya gak tau jadi malah fell in love all over again. It’s crazy how stuff works.

Kayaknya yang paling berkesan buat gue adalah pas minggu terakhir. Apparently I have to do a 35 minutes presentation and 3 pg paper. In Spanish. Mau nggak nangis gimana coba. Baru belajar effectively 3 minggu udah disuruh buat presentasi untuk hari jumat. Yang namanya stress ya beneran stress, di tempat tiduurr aja pas hari selasa, plus gue juga lagu cari kerja pas balik ke Cruces because I need a job. Besoknya gue merasa mendingan dan jalan sama anak-anak lain, it was a great experience, I felt a lot better and I decided to do it. Kalo gak ya gak kelar-kelar. Hari kamis habis pulang sekolah gue selesein semuanya. Last page buat paper, sama presentasi. Tentang Indonesia. It souldnt be hard, tapi ngebayangin semuanya harus dalam spanyol just killed me a little bit inside.

The support that I’ve got that week though.. I thank every one of them. karena 35 minute presentation itu berubah jadi 1.5 jam. Everyone gotten into it, like crazy. Mereka mau liat video tari-tari di Indonesia, mau denger lagu tradisional Indonesia gimana, mau gue pakein jilbab gue ke mereka… and I explained everything in Spanish. Walopun susah, tapi gue coba buat gak keceplos Bahasa inggis buat ngejelasin semuanya. I was so touched and very very happy and proud of myself pas gue liat kertas penilaian guru-guru dan director sekolah. I got a full 100% from all 5 of them. they enjoyed every single thing and we took bunch of pictures. Yang namanya seneng itu udah gak kebayang lagi. It paid off. Sesudah itu mereka kasih gue sertifikat, and I just couldn’t stop smiling. Walopun gue tau gue harus belajar lebih banyak, tapi gue kerja keras buat bisa sampai di titik itu. Yang tadinya bener-bener gatau apa-apa, gue ngerasa that I have achieved something big in my life. that It was one of the biggest steps that I took.

Gue beli makan siang di tempat biasa, took a lot of pictures with my friends at school, dan ke coffee shop tempat gue biasa beli mocchacino yang enaknya mendewaaaa. I never liked coffee, tapi mocha-nya mereka tuh paling juara deh. Walopun Cuma 4 minggu tapi koneksi yang gue buat sama orang-orang baru disana itu nempel banget. Apalagi sama guru gue. Sebenernya setiap minggu gue harus ganti guru, tapi gue refused. Akhirnya selama 3 minggu gue sama guru yang sama, dan mentor gue buat presentasi ama paper gue ya guru gue itu. Gue nemplok banget sama dia, apa-apa nyarinya dia, ampe bosen kali dia ngeliat muka gue tiap hari.

Gue pulang kerumah sama temen gue, kita ngobrol-ngobrol dan gue cek e-mail, ternyata gue dapet kerja yang kmaren gue incer. Alhamdulillah nya tuh udah ke langit kesebelas. It was my day, I thank Allah, because it looks like the universe let me have it, you know. Presentasi dilancarkan, semuanya selesai, everyone loved it, and at the end of the day, I got the job that I wanted. Sore nya gue dijemput sama temen gue karena keluarga dia bersedia nganterin gue ke bandara jam 5 pagi. Anak dia tuh kayak dimas persis banget, jadi gue ngerasa kalo dia adek gue bener. Nyokap dia manggil gue udah “mija” which means daughter. I felt so secure and happy around them. it was a very unbelievable feeling. Another thing yang bikin gue seneng yang karena awalnya gue kan gabisa ngomong sama host family gue karena mereka gak bisa Bahasa inggris, dan gue gak bisa Spanish… jadi yah kalo udah meal time ya kita bisu aja, apa-apa jawabannya ‘si’ atau gak ‘esta bien’. Tapi sejak minggu ketiga gue udah bisa ngerti mereka ngomong apa dan gue bisa ngomong balik, jadi kita banyak ngobrol, dan mereka mulai manggil gue “mija” juga. Senengnya itu looohhh…… beda.

Gue nulis ini sekarang di pesawat ke Miami, ada transit lagi dan gue akan sampai ke El Paso. Senin gue mulai kerja, which is gonna be the day after tomorrow. I’m excited for my new job, and I came home with such a different and positive energy that I’ve never had before. Gue belajar banyaaakk banget.

Yang paling penting itu adalah, gak ada yang gak mungkin, as long as lo punya energy positif. Karena kalo lo selalu negative, apa-apa yang jelek aja gitu di kepala lo, mood lo acak-acakan, and you won’t go anywhere. Lebih baik hilangin jauh-jauh energi yang kayak gitu. Asal lo mau, selalu mencoba, dan punya pikiran, hati dan energy yang positif, lo akan melihat dunia di sisi yang berbeda. You’ll shine a lot brighter, and might also be able to influence your surroundings.

Plus, I really don’t recommend for you to have a ‘bucket list’ of what you want to do. Be open to everything. Be open to every possible thing. Sebenernya sih oke-oke aja kalo lo emang ada bucket list and all that, tapi niatnya harus lurus ya. Nanti kalo gak kesampaian lo bakal kehilangan motivasi dan itu yang paling bahaya. Punya niat. Buat lebih baik, lebih bisa belajar, lebih bisa menerima, and whatever you have in your mind. Rasanya beda banget pas lo udah ngelakuin sesuatu baru yang bahkan lo gapernah imagine. Gue gak pernah imagine kalo gue bisa kerja, nabung, dan bayar semua trip gue ke negara lain selama sebulan, belajar banyak hal, gain banyak hal, di umur 22. I thought gue bakal bisa ngelakuin itu semua later on pas udah 30an kalo udah punya real job, itu juga kalo punya waktu. Tapi alhamdulillah, karena niat buat belajar, Allah mengizinkan. Alhasil yang gue dapetin jauh lebih berharga daripada gue pake duitnya buat shopping.

Leave a Reply

